Latest Updates

Mengenal Mesin Penetas Telur






Mesin penetas telur adalah alat yang digunakan untuk mempermudah peternak untuk menetaskan telur secara bersamaan.Mesin ini merupakan media yang penting untuk peternak dalam mengembangkan usaha peternakan unggas, disamping itu mesin ini disesuaikan dengan suhu pengeraman pada induk ayam betina.Suhu dan kelembaban mesin mempengaruhi keberhasilan dalam proses penetasan telur yaitu dengan kelembaban 55-60% dan suhu 80-100 derajat farenheit.

mesin c50
Mesin C-50


Dewasa ini penetasan telur unggas khususnya ayam buras dengan menggunakan mesin penetas telur telah banyak diterapkan dan digunakan oleh peternak baik itu skala kecil maupun skala industri. Fenomena ini banyak terjadi ditunjang dengan semakin sadarnya peternak akan efisiensi penetasan dengan menggunakan mesin penetas telur. Penetasan menggunakan mesin penetas mempunyai kelebihan antara lain kapasitas penetasan dapat dimaksimalkan dan faktor kegagalan penetasan karena kerusakan telur secara fisik akibat faktor lingkungan selama penetasan berlangsung dapat dikurangi.

Perbedaan Mesin Penetas telur Rak Samping dan Rak AT (Automatic Turning)

Rak Putar Samping

handle mesin
Handle samping
Pada mesin terdapat gambar/pegangan pada sisi kanan mesin yang fungsinya untuk memutar rak telur (egg rack) secara bersamaan. Diputar bergerak dan bergeser 0-80 derajat yang berfungsi untuk mengatur posisi rak telur oleh tangan, hal ini sangat memudahkan pengguna mesin untuk mengatur posisi rak telur dimana ada aturan-aturan posisi rak telur pada hari pertama memasukkan telur ataupun pada hari terakhir pengaturan posisi rak telur, hal ini sangat efisisien sebab pengguna mesin tidak membolak balikkan telur secara manual dengan tangan, cukup memutar handle dari samping kanan pengguna dapat mengatur posisi rak telur dengan mudah.

Kelebihan Rak putar samping
  1. Kita tidak disibukkan dengan membolak-balikkan telur satu persatu secara manual.
  2. Terdapat putaran untuk mengunci posisi rak telur.
  3. Pengguna dapat melakukan pemutaran rak telur dalam satu gerakkan saja 
Kelemahan Rak putar samping :
  1. Kita tidak bisa meninggalkan mesin selama satu hari penuh.
  2. Lupa untuk membalikkan rak telur merupakan hal yang lumrah yang biasa terjadi, dirasa bisa mempengaruhi keberhasilan penetasan .
  3. Pengguna mesin terkadang tidak sempat untuk memutar rak telur secara efisien 
 Full Automatic Turning/Pemutaran Rak telur Otomatis (AT)
mcu
mcu
  Pada mesin penetas AT, yang terdapat pada gambar mesin tidak ada pegangan atau lubang putar 80 derajat. Karena pada mesin ini sudah terinstalasi motor beserta sistem MCU nya, yang mana mesin ini dapat bekerja atau memutar mesin secara standar yaitu 1 hari 3 kali pemutaran  berarti dalam satu hari satu malam atau 24 jam. Mesin jenis ini dirasa sangat memudahkan pengguna dalam proses penetasan dan meningkatkan efisiensi dalam pemutaran serta meningkatkan keberhasilan pengguna mesin dalam proses penetasan telur, hal ini dirasa pantas dikarenakan harga yang sangat tinggi bisa mencapai 2 s/d 3 kali lipat lebih mahal dibandingkan mesin  dengan sistem rak putar samping, dengan cara menekan tombol setting pemutaran telur saja pengguna bisa melakukan gerakkan pemutaran rak telur secara efisien. Pengguna juga diberikan menu dari tombol sistem mesin penetas jenis AT ini.
panel fullauto
Full Auto Panel

Kelebihan Mesin Penetas Jenis AT :
  1. Dengan adanya mesin jenis AT kita bisa mengontrol mesin dengan hanya 1 tombol untuk pergerakkan rak telur secara bersamaan apakah itu kontrol 3 jam 1 kali dalam sehari ataupun tombol demo.
  2. Kita bisa melakukan aktifitas lain tanpa takut lupa untuk memutar rak telur 
Kekurangan Mesin Penetas Jenis AT :
  1. Pemutaran rak telur 3 jam sekali dalam waktu sehari dirasa kurang efisien, yang lebih efisien yaitu 1 jam sekali pemutaran.
  2. Untuk mengatur posisi rak ke arah tengah membutuhkan tombol demo yang di setting semi manual.
  3. Terjadinya Macet/mati lampu tanpa adanya listrik susah untuk merubah posisi rak telur dikarenakan pemutaran rak telur pada jenis AT secara paksa dapat merusak komponen motor ataupun lainya.   



Perbedaan Thermostat Besi dan Thermostat Plastik



Termostat Besi
Thermostat Besi
Karena pemakaian mesin penetas telur dengan suhu yang berubah-ubah yang berakibat patahnya rangka thermostat, maka terciptalah thermostat besi jenis ini jelas lebih kuat dan tidak mudah patah, tahan lama, selama masih ada perawatan pada mesin, jika terjadi kerusakan tidak pada besinya tetapi kemungkinan terjadi pada mikroswitch atau pada kapsul.



 
Thermostat Plastik
Thermostat Plastik
Sebenarnya bahan lapisan plastik sudah cukup untuk membuat model kerangka thermostat pengatur suhu,  bahan yang terbuat dari plastik ini memang sedikit mudah patah, memang harga lebih murah dibandingkan dengan thermostat berbahan dasar besi, tetapi dengan biaya yang murah pengguna bisa menggunakan mesin penetas telur lebih dari satu buah.







Cara mensetting suhu Thermostat

Pengeset Suhu
Pengeset Suhu

Langkah awal sebelum kita memasukkan telur ke dalam rak mesin penetas adalah dengan cara menset ke stabilan suhu, agar thermostat mengetahui pada saat suhu berapa dia akan mati dan pada saat suhu berapa dia akan hidup kembali, sedangkan pada mesin yang kami produksi suhu yang digunakkan maksimal 38 derajat celcius atau 100 derajat fareinheit dan untuk kelembaban 40-55 %.

Thermometer Ruang
Thermometer Ruang

Cara menset suhu yang di kehendaki (38 derajat celcius/100 farenheit) :
  1. Keluarkan isi semua pada mesin/perlengkapan pada mesin dengan mensisakan rak.
  2. Hubungkan mesin dengan listrik hingga lampu-lampu di dalam mesin menyala.
  3. Kemudian ambil thermometer lalu letakkan pada tengah-tengah rak tepat dibawah thermostat.
  4. Putar sekrup pada thermostat hingga biji kapsul menyentuh mikroswicth 
  5. Sambil di putar thermostat amati pada thermostat perubahan suhu apakah lampu pada mesin penetas telur mati pada saat yang kita inginkan.(keterangan : semakin dekat jarak antara kapsul dengan mikroswitch maka waktu pematian lampu semakin pendek)
  6. Setelah Jangan lupa masukkan nampan yang berisi air 3/4 di bagian dalam bawah mesin.  







 

8 Responses to "Mengenal Mesin Penetas Telur"

  1. wah tambah sip ae.... bos....

    BalasHapus
  2. update lagi artikelnya ya ^_^

    BalasHapus
  3. kalo untuk telur puyuh kapasitas 1000 butir ada nggak, berapa harganya kalo otomatis

    BalasHapus
  4. untuk ukuran telur puyuh bisa 2-3 kali lipat lebih kecil dari ayam negri, bsa pak, tapi sya sarankan untuk memakai c200 otomatis atau c500 at, harganya silahkan hubungi kami saja di no kami..http://ryusaint.blogspot.com/2011/07/untuk-pemesanan-silahkan-hubungi.html trimz..

    BalasHapus
  5. Mohon infox brpharga mesinx yg berisi minimal 200 telur ga

    BalasHapus
  6. Silahkan di lihat di link download daftar harga pak

    BalasHapus
  7. Itu gernya klo di toko bilangnya ap mas.terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo toko lain susah mas, jarang ada yang jual, klo di saya gear kecil+gear kipas + dinamo sy hargai 100rb blm ongkir

      Hapus